Kualitas Timnas Inggris di Mata Harry Kane

Kapten timnas Inggris, Harry Kane, melontarkan pernyataan yang cukup menarik baru-baru ini. Berbekal pengalamannya dalam menjajal berbagai laga internasional sejauh ini, sang kapten dengan cukup percaya diri mengklaim bahwa skuad Tiga Singa yang turun di kompetisi EURO 2024 kali ini merupakan skuad terbaik yang pernah dimiliki oleh negaranya.

Main di Seru88 Sekarang

Perjalanan Panjang Timnas Inggris

Tahun ini menjadi penanda 58 tahun bagi skuad timnas pria negara Raja Charles IIi sejak terakhir kalinya mereka berhasil menjadi juara di sebuah turnamen utama. Walau demikian, perlu diakui bahwa dari waktu ke waktu timnas asuhan Gareth Southgate tersebut nyaris mendapatkan kehormatan yang mereka nanti-nantikan tersebut di berbagai kesempatan.

Mereka, misalnya, pernah mengakhiri  kompetisi EURO 2020 yang silam di peringkat 2 klasemen akhir. Mereka juga berhasil meraih babak perempat final Piala Dunia 2022 yang lalu di Qatar. Sementara tim wanita mereka berhasil menaklukkan tanah Eropa di tahun 2022 yang lalu. Namun pada akhirnya mereka harus kalah di laga final Piala Dunia Wanita di tahun lalu setelah gagal menundukkan Spanyol.

Harapan di Pundak Timnas Inggris

Dengan hanya 12 bulan yang diberikan kepadanya untuk membesut timnas yang satu ini, skuad Gareth Southgate masih dipandang sebagai salah satu unggulan juara untuk mengangkat trofi Henri Delaunay di EURO 2024 tahun ini. Harapan ini masih tetap ada bahkan ketika hanya 1 dari 5 lga terakhir mereka yang berbuah dengan kemenangan.

Sang Tiga Singa bertandang ke tanah Jerman setelah menelan kekalahan memalukan dari Islandia dengan skor 0-1. Keduanya diketahui bertemu dalam sebuah laga persahabatan di Stadion Wembley. Pertemuan keduanya sekaligus menandai 8 tahun sejak mereka kalah dari negara yang sama di EURO 2016 yang silam. Kekalahan tersebut bahkan dianggap sebagai salah satu hal paling memalukan yang pernah dialami oleh timnas negara kelahiran sepakbola tersebut di sepanjang sejarah perjalanan mereka.

Pandangan Sang Kapten

Meski demikian, sebagaimana yang dilaporkan oleh situs Seru88 login, Southgate tetap harus bermain tanpa peran serta beberapa pemain kunci dalam turnamen kali ini. Dua di antaranya adalah pemain bintang asal Arsenal, Bukayo Saka, dan Jude Bellingham. Sementara Kane akan menjalani pertandingannya di kmopetisi kali ini setelah memecahkan rekor dalam kapasitasnya sebagai pemain Bayern Munich.

Dengan angka rata-rata usia di angka 26,1 tahun, timnas Inggris di kompetisi EURO 2024 kali ini merupakan timnas dengan rata-rata usia pemain termuda ketiga dari total 24 negara yang berpartisipasi dalam kompetisi ini. Posisi mereka hanya berada di bawah Turki dengan usia 25,8 tahun dan Republik Ceko dengan 25,5 tahun.

Dalam pernyataan yang ia sampaikan di situs resmi UEFA jelang laga pembuka Grup C melawan Serbia, Harry Kane menyampaikan pandangannya tentang para pemain muda di skuadnya. Ia bahkan mengklaim bahwa skuad yang mereka miliki saat ini kemungkinan adalah skuad terbaik yang pernah mereka miliki di sepanjang sejarah.

Sebagaimana yang termuat dalam situs tersebut, sang kapten timnas Inggris tersebut berujar bahwa ia beranggapan skuad mereka adalah salah satu yangt terbaik, jika bukan yang terbaik. Hal ini menurutnya dapat dilihat dari permainan mereka dan musim domestik yang telah mereka jalani sebelumnya. Mereka juga memiliki para pemain muda berbakat yang mampu bermain tanpa takut dan hanya berfokus pada upaya untuk menguasai bola dan bermain.

Sang kapten tersebut juga berujar bahwa dirinya berharap kalau rekan-rekan setimnya dapat percaya kepadanya dan mengajukan pertanyaan jika mereka ragu dan ia akan berusaha sebaik mungkin untuk membantu mereka. Ia pun menekankan bahwa mereka sebagai sebuah tim memiliki rasa kebersamaan yang baik. Mereka terus meluangkan waktu untuk berbicara bersama atau santap malam bersama dan selalu ada pembicaraan hangat yang mereka lakukan, suatu hal yang menurutnya sangat membantu mereka.

Kehadiran Kane di timnas Inggris untuk sesi pemanasan mereka terbilang singkat. Sang pemain berusia 30 tahun ini saat ini telah kembali ke tanah Jerman, tempatnya membela Bayern Munich, klub yang ia bela untuk saat ini. Di klub asal Jerman ini pula, ia berhasil mencetak 44 gol dari 45 laga pertama yang ia jalani dengan seragam Bayern di tubuhnya.

Adapun timnas Inggris berpeluang untuk berhadapan dengan timnas Jerman di babak penyisihan. Meski demikian, hal ini tidak akan menghalangi dirinya untuk mempersembahkan permainan terbaik bagi para penggemar di negara asalnya.