Akankah Man United Memecat Erik ten Hag?

Kabar menarik datang dari markas Man United. Para petinggi Old Trafford dikabarkan sedang membahas kemungkinan untuk menghentikan kerjasama mereka dengan mantan pelatih Ajax Amsterdam ini. Bahkan kabarnya angka yang harus mereka bayarkan sebagai denda pengakhiran kerjasama di awal kepada sang pelatih berdarah Belanda ini juga telah dibicarakan.

Main di Seru88 Sekarang

Posisi Erik ten Hag Terancam

Posisi Erik ten Hag sebagai pelatih di klub ini memang sempat berada dalam tekanan yang luar biasa besar di akhir musim lalu. Waktu itu, Man United berada di posisi terburuk sepanjang sejarah perjalanan mereka di Liga Primer Inggris. Namun pada akhirnya, para petinggi klub memutuskan untuk tetap mempertahankan dirinya di kursi pelatih. Kepercayaan di menit-menit terakhir ini mereka berikan kepadanya setelah ia berhasil mempersembahkan gelar juara Piala FA. Sepertinya keberhasilan menundukkan Man City, yang dianggap sebagai juara tak terkalahkan waktu itu, menjadi salah satu pertimbangan besar di keputusan kontroversial ini.

Hal inilah yang kemudian terjadi pada saat ini. Perjalanan Man United yang buruk kembali terulang pada musim ini. Tekanan demi tekanan pun kembali datang menghampiri mantan pelatih Ajax Amsterdam ini. Terlebih baru-baru ini para penggemar dibuat kecewa luar biasa setelah mereka dikalahkan oleh Tottenham Hotspur. Tanpa ada gol sekalipun yang dicetak oleh para pemain Setan Merah, mereka harus mengakui keunggulan Spurs dengan skor 3-0 tanpa batalas.

Peluang Erik ten Hag Dipecat

Hasil buruk yang kembali mereka torehkan membuat posisi Erik ten Hag kian terancam. Bahkan begitu banyak pengamat yang cukup yakin kalau dirinya akan menjadi pelatih berikutnya dari klub Liga Primer Inggris yang akan berakhir dengan pemecatan.

Kalau ditimbang dari kontraknya, mantan pelatih Ajax Amsterdam ini diketahui akan menyelesaikan kontraknya di akhir musim kali ini. Menariknya, belakangan dikabarkan kalau para petinggi Setan Merah mulai melakukan diskusi terkait langkah yang harus mereka ambil terkait dirinya, termasuk kemungkinan pemberhentian lebih awal. Tak hanya itu, kabarnya angka yang harus mereka bayarkan seandainya menempuh langkah ini juga telah dibicarakan.

Perkiraan Denda yang Harus Dibayar

Menurut pandangan dari pengamat di Seru88 mobile, Man United diperkirakan harus mengeluarkan dana kurang lebih 17,5 juta poundsterling jika mereka menempuh langkah ini. Angka ini harus mereka bayarkan mengingat masih ada opsi perpanjangan kontrak selama 12 bulan berikutnya dalam kesepakatan di antara keduanya.

Beberapa sumber yang lain menyebutkan kalau jumlah ini lebih tinggi 7,5 juta poundsterling daripada yang harus mereka keluarkan jika seandainya mereka memecat dirinya di bulan Juni yang lalu. Jumlah ini juga kurang lebih setengah dari penghematan yang dilakukan oleh INEOS melalui perampingan staf yang mereka lakukan setelah menjadi salah satu pemilik klub ini.

Erik ten Hag kemudian sempat dimintai pandangannya tentang rumor ini. Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan kalau saat ini, ia tidak mempertimbangkan hal tersebut. Menurutnya, semua pihak yang terlibat telah mengambil keputusan untuk tetap saling mendukung satu sama lain di musim panas yang lalu, baik sebagai pemilik maupun pemimpin grup. Menurutnya, mereka telah membuat keputusan berdasarkan ulaan yang jelas tentang hal-hal yang harus mereka kembangkan dan cara mereka membangun sebuah skuad. Namun, ia mengakui kalau hali ni akan membutuhkan waktu berdasarkan perkembangan yang ada, sama halnya seperti para pemain yang tidak memiliki kecepatan perkembangan yang sama.

Ia pun juga menegaskan bahwa harus ada perkembangan yang dilakukan dari segi tata kelola klub. Mereka masih memiliki beberapa pemain yang mengalami cedera sehingga diperlukan lebih banyak waktu. Namun ia memastikan kalau semua pihak yang terlibat sepakat bahwa mereka sedang sama-sama berusaha untuk memajukan klub ini, baik dari pihak pemilik, staf, dan pemain. Pernyataan ini ia sampaikan setelah Man United saat ini hanya berhasil menempati peringkat 12 klasemen. Peringkat ini mereka raih setelah kalah 3 kali dari 6 pertandingan yang sudah mereka jalani dari awal kompetisi.

Terlepas dari munculnya spekulasi akan pemecatan Erik ten Hag, kabar yang berkembang menyebutkan kalau Man United sepertinya belum terlalu berfokus untuk melakukan perubahan dalam waktu dekat ini. Kabar yang berhembus menyebutkan kalau pelatih asal Belanda tersebut masih mendapatkan dukungan dari para petinggi klub yang belum berencana untuk memberhentikan dirinya dalam wkatu dekat ini.

Sepertinya ada suatu kesepakatan yang terjalin bahwa buruknya performa mereka saat berhadapan dengan Spurs merupakan sebuah hasil yang tak dapat diterima. Namun fokus para petinggi klub saat ini adalah mendukung sang pelatih, para stafnya, dan tentunya para pemain untuk meningkatkan kemampuan mereka.